Skip to content

Video Banjir Wasior Papua

October 8, 2010
Banjir Wasior

Bencana banjir bandang di wasior papua barat kini telah menjadi isu nasional. banyak korban jiwa yang berjatuhan pasca banjir bandang yang mirip tsunami di wasior papua. menurut laporan terakhir ada 110 orang tewas dalam bencana banjir wasior papua dan beberapa orang lainnya belum ditemukan alias hilang. Hingga kini belum ada daftar resmi nama korban tewas banjir wasior papua. Dahsyatnya Banjir wasior di papua ini dapat anda simak di video banjir wasior.

Korban tewas banjir bandang di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat terus bertambah. Hingga Jumat pagi (8/10), jumlah ditemukan sebanyak 110 tewas dan 450 lainnya hilang.

“Ini data terbaru dari Wasior,” kata Pitsaw Amafnini, Koordinator Jaringan Sosial dan Lingkungan (Jasoil) Tanah Papua. Pemerintah Teluk Wondama pagi ini direncanakan akan mendata bangunan yang rusak serta melanjutkan pencarian terhadap korban yang belum ditemukan.

Simak Video Banjir Bandang Wasior papua yang direkam menggunakan kamera amatir via Youtube.

Pencarian hingga hari ini masih terkendala banyaknya pohon tumbang, sisa puing bangunan serta hampir semua wilayah tergenang lumpur. “Kita ada meminta bantuan alat berat dari Manokwari, mudah-mudahan kalau sudah ada secepatnya, bisa digunakan membersihkan sisa bangunan dan pepohonan,” kata Kepala Bappeda Kabupaten Teluk Wondama, Silas Kapissa.

Sementara itu di Manokwari, Papua Barat, jumlah pengungsi yang diberangkat dari Teluk Wondama diperkirakan mencapai kurang lebih 4 ribu jiwa. Ratusan diantaranya masih menempati tenda-tenda darurat yang dibangun Kodim setempat.

Pemerintah Daerah Teluk Wondama mengerahkan empat kapal untuk mengangkut para pengungsi, yakni KM Gracelia, KM Papua III, KRI Kalakay dan KM Delta Mas II. “Jumlah warga di Wasior sudah mulai berkurang, lebih banyak saat ini diungsikan ke Nabire dan Manokwari,” kata Piter Lambey, Asisten I Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama.

Ditenda pengungsian, beberapa warga korban banjir tidur beralaskan tikar seadanya. Mereka harus mengantri untuk mandi dan buang hajat. “Kondisinya memang seperti itu,” ujar Pitsaw Amafnini. Di Jayapura, sejumlah ormas mulai melakukan penggalangan dana bagi korban banjir.

Himpunan Mahasiswa Islam membawa dus sumbangan dan meminta pengendara yang lewat di sejumlah titik. “Dananya nanti akan disalurkan bagi korban banjir di Wasior,” kata Syarifudin, koordinator HMI Jayapura.

Kamis sore, Bantuan Presiden seberat 31 ton telah tiba di Wasior, Papua Barat. Bantuan ini berupa bahan makanan, pakaian dan selimut yang dibawa dengan dua pesawat Hercules yang mendarat di Manokwari

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: