Skip to content

Fatwa Haram Soal Rokok oleh Muhammadiyah | Merokok Haram Menurut Muhammadiyah

March 11, 2010

Fatwa Haram Merokok oleh PP Muhammadiyah. merokok haram Akhirnya organisasi PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram merokok.Pimpinan Pusat Muhammadiyah, melalui Majlis Tarjih dan Tajdid, mengeluarkan fatwa baru terhadap hukum merokok. Setelah menelaah manfaat dan mudarat rokok, Majlis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah berkesimpulan bahwa merokok secara syariah Islam masuk dalam kategori haram. Keputusan ini diambil dalam halaqoh tentang Pengendalian Dampak Tembakau yang diselenggarakan Majlis Tarjih dan Tajdid pada 7 Maret lalu di Yogyakarta.

Fatwa baru ini sekaligus merevisi fatwa sebelumnya yang menyatakan bahwa hukum rokok mubah.Pelaksanaan Fatwa Haram Merokok yang dikeluarkan Majlis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah ini akan dibawa dan dikukuhkan dalam Rapat Pleno PP Muhammadiyah dan ditindaklanjuti dengan surat keputusan resmi. Dijelaskan Yunahar, surat keputusan tersebut berisi instruksi mengikat kepada seluruh jajaran organisasi, lembaga-lembaga amal usaha, seperti sekolah, universitas, rumah sakit, masjid, dan berbagai fasilitas Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Setujukah anda dengan fatwa bila merokok itu haram?? seperti kita ketahui rokok membawa dampak buruk pada kesehatan tubuh manusia dan dalam al quran pun dijelaskan bahwa apa apa yang buruk dan berefek negatif pada tubuh manusia sebaiknya dihindari. dan dari segi ekonomis orang yang merokok akan lebih banyak mengeluarkan biaya untuk membeli rokok yang kemudian di bakar tanpa mendapatkan manfaat.. alias mubazir… jadi bagaimana fatwa merokok itu? haram kah? atau mubah?

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: