Skip to content

Anak SD Dihamili Dan Dipaksa Nikah Siri

March 5, 2010

Ironis. Begitulah nasib yang menimpa Bunga (nama samaran). Bocah umur 13 tahun yang masih duduk di bangku SD itu terpaksa harus mau dinikah siri pria yang memperkosa dan membuatnya hamil. Padahal usia laki-laki itu terpaut jauh dari dirinya.

Perempuan warga desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru itu seolah tak punya banyak pilihan ketika tahu akibat perbuatan bejat Mus, tetangganya, membuat dirinya kini hamil 6 bulan.

Bunga makin tak berkutik ketika orangtuanya menyetujui keinginan Mus untuk menikahinya, kendati hanya nikah siri. Bunga juga harus menerima kenyataan bahwa di usianya yang masih sangat belia itu harus dinikahkan dengan Mus yang kini berusia 45 tahun.

“Memang serba salah. Kalau dibiarkan, status bayi itu nanti bagaiamana. Digugurkan jelas tidak mungkin karena itu melanggar hukum dan berdosa. Kalau dilaporkan polisi dan pelakunya ditahan, siapa nanti yang bertanggungjawab. Jadi akhirnya pihak keluarga memutuskan menikahkan korban dengan pelaku,” cerita salah seorang warga sekitar, Kamis (4/3/2010).

Wartawan media ini sulit mendapat keterangan lebih jauh seputar kronologis pemerkosaan yang menimpa Bunga. Pasalnya, baik keluarga Bunga maupun Mus terkesan tertutup.

“Setiap ditanya tetangga, mereka cuma bilang masalahnya sudah selesai,” kata warga yang minta namanya tidak disebut itu.

Pihak kepolisian juga kesulitan untuk memproses kasus tersebut sesuai hukum yang berlaku. Pasalnya, baik keluarga korban maupun pelaku, menganggap sudah tak ada persoalan lagi karena sudah diselesaikan secara kekeluaragaan.

“Mereka tak mau diperoses hukum. Mereka menganggap dengan adanya pernikahan itu berarti persoalan sudah selesai. Jadi, kita tak bisa berbuat banyak,” ujar seorang polisi di Mapolsek Sumberbaru

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: