Skip to content

Efek Buruk Masturbasi Berlebihan

February 23, 2010

Umumnya, menurut seks terapis Ian Kerner, PhD, penulis buku ‘She Comes First’, ada dua alasan pria melakukan masturbasi. “Pertama, ekonomi yang buruk meninggalkan banyak orang tanpa pekerjaan. Sehingga mereka duduk di rumah, bosan, dan mulai menjalani aktivitas ini lebih sering.”

Sedangkan alasan yang kedua, Kerner menjelaskan, video porno saat ini sangat mudah diakses. Akibatnya, timbul suatu keharusan bahwa pria perlu bermasturbasi. Namun, tahukah Anda, aktivitas ‘solo’ seks ini dapat membahayakan hubungan Anda dan pasangan?

Kerner juga mengungkapkan, ada dua faktor yang menyebabkan seseorang ketergantungan masturbasi. Namun, ketika pria lebih sering melakukan masturbasi, kondisi ini bisa mengganggu kehidupan seks yang sehat.

“Ada konsekuensi serius jika frekuensi masturbasi berlebihan. Salah satu bahayanya adalah sulitnya mencapai kepuasan saat bercinta dengan lawan jenis,” kata Kerner menambahkan.

Apa solusinya? Jika Anda menyadari, pasangan memerlukan waktu lama untuk mencapai klimaks saat berhubungan seks atau jika dia tidak bisa menyelesaikan sama sekali, salah satu caranya adalah dengan mengetahui frekuensi aktivitas ‘solo’ seksnya.

“Jika ternyata jawabannya sesuai dengan kecurigaan Anda, yaitu pasangan terlalu sering masturabasi, Anda bisa mengajaknya membahas masalah ini. Beri pengertian padanya bahwa ada efek buruk jika frekuensi masturbasi pria berlebihan. Salah satunya, mengurangi kenikmatan bercinta dengan pasangan.

Berikan motivasi padanya bahwa seks normal lebih baik efeknya pada dirinya, dan hubungannya dengan Anda. “Jika pria tak mampu mengatasi masalah ini, sebaiknya ajak dia untuk berkonsultasi dengan seksolog atau psikiater,” ujar Kerner.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: