Skip to content

Joseph Refo PSSI Bunuh Istrinya | Kasus Joseph Refo Maria Reni Widowati

February 22, 2010

Kasus Pembunuhan yang dilakukan oleh Joseph Refo terhadap Maria Reni Widowati menjadi fenomena di masyarakat. bagaimana mungkin seorang suami tega menghabisi nyawa istrinya. Joseph Refo diduga menganiaya istrinya hingga tewas. awalnya maria reni widowati dihantam menggunakan laptop lalu di lempar ke tempat tidur..

Pemukulan itu terjadi hari Sabtu sekitar pukul 05.00. Setelah melihat istrinya tidak sadarkan diri, Joseph pun melarikan istrinya ke Rumah Sakit Pondok Indah. Namun, dokter mengatakan Reni sudah meninggal dunia. Reni diketahui meninggal pukul 07.20.

Setelah mengetahui istrinya meninggal, Joseph mengakui perbuatannya dan polisi pun dipanggil. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Selatan Komisaris Subandi yang dihubungi mengatakan, tersangka tidak melawan ketika ditangkap.

”Kasus ini sementara diduga sebagai kekerasan dalam rumah tangga yang mengakibatkan Reni tewas dengan luka di bagian kepala. Tersangka Joseph berada dalam keadaan sehat jasmani dan rohani,” kata Subandi.

Di tubuh korban memang terlihat luka lebam di beberapa titik, terutama di wajah. Menurut keterangan Bambang Prisambodo, kakak korban, yang ditemui di kamar jenazah RSCM, Sabtu (20/2), wajah dan kepala korban dipukul dengan laptop. Di bagian dada juga terdapat luka lebam

Joseph ditahan setelah dijadikan tersangka dalam dugaan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga (dijerat dengan UU Nomor 23 tahun 2004), penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang (Pasal 351 KUHP), dan tindak pidana pembunuhan (Pasal 338 KUHP). “Ancaman hukumannya diatas 10 tahun,” katanya.

Penyidik dari Reskrim Polres Jakarta Selatan telah memeriksa beberapa orang saksi untuk menguatkan tudingan tersebut. Diantara para saksi yang diperiksa adalah pembantu rumah tangga dan supir Joseph dan Maria Reni Widowati. “Kami juga akan memanggil psikolog atau dokter kejiwaan dari rumah sakit Polri Kramat Jati menjadi saksi ahli untuk mengecek kejiwaan yang bersangkutan,” ujar Subandi.

Sejauh ini, dikatakan Subandi, penyidik tidak menemukan adanya indikasi gangguang jiwa yang dapat menyebabkan pertanggungjawaban pidana dilepaskan dari Joseph. “Dia hanya emosionla waktu kejadian itu terjadi,” ujarnya.
Joseph, yang saat pemeriksaan, dikatakan Subandi didampingi oleh penasihat hukumnya diketahui mempunyai masalah yang cukup pelik dalam hubungannya bersama sang istri.

“Indikasi awal ya itu. Ada masalah di dalam internal keluarga,” tandasnya sembari memastikan penyidik akan bekerja profesional, proporsional, dan transparan dalam penanganan kasus itu tak peduli status jabatan yang diemban Joseph.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: