Skip to content

Manfaat orgasme bagi kesehatan

May 12, 2011

Pencapaian orgasme saat berhubungan menjadi isu seks paling penting dan banyak diperbincangkan pasangan suami istri. Memang, seks tanpa orgasme, sama saja seperti makan lalapan tanpa sambal.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa orgasme dalam seks begitu penting? Bukan hanya soal kepuasan, tapi juga kesehatan.

Seperti dikutip dari iVillage, salah satu gangguan yang terjadi bila tidak mencapai orgasme adalah masthopaty atau pengumpalan darah. Saat mengalami gairah bercinta, tubuh wanita memproduksi hormon estrogen. Aliran darah mereka pun menjadi lebih cepat.

Namun saat orgasme tak tercapai, perasaan kecewa dan stress akan datang. Keadaan tersebut akan mengakibatkan aliran darah yang tengah kencang menjadi gumpalan-gumpalan. Seringkali gumpalan itu terdapat di payudara dan menimbulkan rasa nyeri.

Sedangkan saat wanita mengalami orgasme, gumpalan itu akan hilang dan membawa serta bakteri-bakteri patogen yang terdapat di tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat lewat orgasme, seperti dilansir oleh Lifemojo.

1. Melepaskan Ketegangan
Orgasme membantu melepaskan stres dan tegang. Saat berhubungan seks, aliran darah akan meningkat dan detak jantung bertambah cepat secara teratur namun signifikan. Otot-otot tubuh juga akan menegang. Saat Anda mencapai orgasme, semua ketegangan itu akan dilepaskan dan seluruh tubuh akan rileks. Bayangkan dampaknya bagi kesehatan bila Anda sulit mendapatkan kepuasan klimaks setiap bercinta.

2. Meredakan Sakit
Orgasme bisa berfungsi sebagai ‘obat’ pereda rasa sakit. Sakit yang dialami wanita di menjelang menstruasi dan sakit kepala bisa cepat disembuhkan lewat orgasme, karena tubuh melepaskan hormon endoprhin saat bercinta. Hormon ini mempunyai efek seperti morfin dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap rasa sakit. Tapi ingat, bukan bearti Anda harus selalu berhubungan seks saat merasakan sakit. Jadikan seks sebagai alternatif menghilangkan sakit kepala di atas tempat tidur.

3. Membakar Kalori
Ada pendapat, bercinta adalah cara terbaik untuk membakar kalori. Seks bisa membantu saat Anda tidak sempat diet atau olahraga, karena banyak kalori bisa hilang selama berhubungan seks. Orgasme, juga bisa membakar banyak kalori dan membantu mengurangi nafsu makan.

Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang aktif kehidupan seksnya punya selera makan cenderung sedikit. Penyebabnya, karena saat orgasme dan stimulasi seksual, zat yang bernama phenetylamine dilepaskan. Zat ini berfungsi mengatur nafsu makan.

4. Tidur Lebih Baik
Sering sulit tidur? Orgasme akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur lebih baik. Orgasme menghasilkan efek menenangkan pada tubuh maupun pikiran. Hal tersebut bisa membantu Anda lebih rileks dan mudah terlelap. Seperti yang telah disebutkan di poin pertama, otot-otot tubuh melemas setelah orgasme dan tekanan darah menurun. Orgasme juga dipercaya bisa menyembuhkan insomnia untuk sementara.

5. Mempercantik Kulit
Saat berhubungan seks, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sekaligus kotoran dan racun. Minyak alami yang melembabkan kulit juga dilepaskan saat seks dan orgasme. Artinya, kulit Anda akan lebih segar dan cerah setiap kali Anda bercinta.

Via : Wolipop

About these ads
2 Comments leave one →
  1. May 20, 2011 6:13 am

    luar sekali manfaat orgasme ya

  2. karindra permalink
    December 25, 2011 4:05 pm

    ehem… ehem..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: